Tablet : Kolaborasi antara Teknologi Laptop dan Seluler  

Posted by gadgeta

Apa itu tablet?
Mungkin kita lebih familiar dengan jenis obat yang rasanya pahit dan kadang susah untuk ditelan. Tapi yang dimaksud tablet disini adalah salah satu format gadget mutakhir yang mulai banyak diminati terutama oleh kalangan pebisnis dan excutive muda.

Tau kan iPad? Nah daripada bingung mendefinisikannya coba lihat bentuk Steve Jobs (Bos iPad, Pencipta iPad) menyatakan bahwa dalam kurun waktu 2 bulan saja penjualan iPad mencapai 2 juta unit atau terjual 1 unit dalam waktu 3 detik. Woww tentunya ini luar biasa mengingat penjualan tersebut terjadi dalam kondisi pasar yang relatif masih tertutup & banyak negara yang belum memberi akses untuk penjualan gadget ini.


Kesuksesan ini tentunya memacu produsen gadget lainnya memproduksi barang yang sama, sebut saja HTC, Acer, Lenovo, Acer, Cisco, Huawei dan lain-lain. Bahkan baru-baru ini saja Dell telah merilis produk tablet 5 inchi-nya dengan nama Streak. Produsen lokalpun tak mau ketinggalan, semisal Nexian yang sudah menyiapkan prototype-nya.

Disebut-sebut Penantang iPad yang terpopuler datang dari Kanada dan Korea, ya siapa lagi kalau bukan RIM (Produsen Blackberry) dan Samsung. Rumor yang beredar RIM akan menrilis besutannya dengan nama BlackPad, mengekor nama tablet pendahulunya iPad. Tetapi ternyata tidak, RIM tidak ingin mengekor nama Pad-Pad-an ala iPad. RIM merilis produk tabletnya dengan nama Blackberry PlayBook yang diklaim akan mengalahkan popularitas iPad. Fitur yang ditawarkan oleh tablet 7 inci ini berupa kemudahan komunikasi dan editing aplikasi office secara mobile dan ditujukan untuk kalangan korporat atau enterprise.

Selanjutnya tablet besutan Samsung yang dijuluki Galaxy Tab dengan layar 7 inchi pun jadi ramai diperbincangkan. Jika dibandingkan dengan iPad, yang paling jelas terasa adalah form factornya. Dengan layar hanya 7 inchi tentunya akan mudah digenggam dengan satu tangan.

Tablet sebenarnya sudah lama dirancang, namun baru digemari akhir-akhir ini. Jika kita lihat Laptop sebagai alat teknologi informasi tidak mencukupi karena ukurannya yang besar dan tidak bisa melakukan komunikasi seluler dengan nyaman, sedangkan Ponsel/ HP sebagai alat komunikasi seluler tidak mampu menelenggarakan komputasi dan editing secara lega dan nyaman. maka kemungkinan besar konvergensi antara teknologi informasi dan telekomunikasi  adalah pada sebuah gadget yang terletak diantara keduanya. Dan gadget itu adalah TABLET...




0 comments

Post a Comment

SMS GRATIS

Followers

Powered by Blogger.